Pengaruh Permainan Edukatif Puzzle Terhadap Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo Kabupaten Malang

Main Author: Ramania, RivalesaRizqi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/126607/
Daftar Isi:
  • Anak usia dini merupakan masa yang sangat penting dalam periode pertumbuhan dan perkembangan anak, Salah satu yang dapat dilatih pada anak usia prasekolah yaitu keterampilan motorik halus. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan motorik halus anak yaitu dengan menggunakan metode permainan edukatif puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap motorik halus pada anak prasekolah usia 5-6 tahun di TK Dharma wanita persatuan selorejo kabupaten malang. Desain penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan pendekatan pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas B yang berjumlah 26 siswa dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar modifikasi DDST II. Hasil yang didapatkan yaitu pada kelompok intervensi 13 responden memiliki kemampuan motorik halus tinggi sedangkan pada kelompok kontrol 10 responden memiliki kemampuan motorik halus sedang dan 3 responden memiliki kemampuan motorik halus tinggi. Analisis statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan statistik menggunakan uji Wlicoxon didapatkan hasil 0,001 pada kelompok intervensi dan 0,023 pada kelompok kontrol, Terdapat pengaruh permainan edukatif puzzle dan kegiatan menggunting pola terhadap motorik halus. Diharapkan bagi para guru di tempat penelitian untuk memberikan permainan edukatif puzzle dan kegiatan menggunting pola kepada para siswa untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.