Hubungan Durasi Bermain Gadget Dengan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Preschool (4-5 Tahun) Di Tk The Naff School Kota Kediri
Daftar Isi:
- Masalah yang sering muncul pada anak usia preschool (4-5 tahun) adalah gangguan keterlambatan pada motorik kasar. Salah satu faktor yang mempengaruhi motorik kasar adalah durasi bermain gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara durasi bermain gadget dengan kemampuan motorik kasar anak usia preschool (4-5 tahun). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional yang dilakukan dengan mengobservasi kemampuan motorik kasar anak dengan panduan lembar observasi. Responden adalah sebanya 30 anak di TK The Naff School Kota Kediri di pilih dengan teknik total sampling. Hasil uji statistik spearman correlation rank mempunyai p-value 0,000<0,05 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara durasi bermain gadget dengan kemampuan motorik kasar. Nilai koefisien korelasi spearman yaitu sebesar –0,632. Nilai tersebut menunjukkan ada hubungan yang kuat antara durasi bermain gadget dengan kemampuan motorik kasar dapat dilihat dari hasil yang bernilai negative menunjukkan adanya hubungan yang terbalik artinya semakin tinggi durasi bermain gadget maka kemampuan motorik kasar semakin menurun. disarankan bagi orang tua anak harus meningkatkan kewaspadaan agar selalu mendampingi dan membatasi durasi penggunaan gadget.