Peran Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Perilaku Profesionalisme Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Main Author: | Fadli, Risky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/126285/ |
Daftar Isi:
- Perilaku profesional mahasiswa pada penelitian ini berdasarkan persepsi mahasiswa. Nilai profesionalisme mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap domainnya, yaitu profesionalisme terhadap diri sendiri, profesionalisme terhadap orang lain dan profesionalisme terhadap tugas. Salah satu parameter untuk mengukur profesionalisme adalah dengan menggunakan kuisioner self assessment. Dalam kurikulum FKUB, ada pembelajaran yang disebut dengan PBL (Problem Based Learning) dimana didalam pembelajaran tersebut mahasiswa dapat mengembangkan skill, membentuk attitude dan mentransfer pengetahuan sehingga akan meningkatkan perilaku profesionalismenya. Penelitian mengenai peran pembelajaran PBL terhadap perilaku profesionalisme belum pernah dilakukan sebelumnya, maka perlu untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan desain pre-test dan post-test, menggunakan data kuantitatif untuk menganalisa tingkat profesionalisme mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti penelitian ini 220 angkatan 2013, 218 angkatan 2014 dan 213 angkatan 2015. Data hasil penelitian didapatkan peningkatan yang signifikan pada nilai Pre-Tes dan Pos-Tes per angkatan pada setiap domainnya yang dipengaruhi oleh tingkah laku profesional dalam 7 langkah PBL. Dari hasil membandingan setiap angkatan didapatkan bahwa perbedaan signifikan terjadi pada angkatan 2015 dibandingkan dengan angkatan 2014 dan 2013 yang berarti bahwa faktor paparan tidak sejalan dengan perilaku profesionalisme.