Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Posyandu Balita Rw 01 Kelurahan Sisir Kota Batu
Main Author: | Prihatin, Indari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/126278/ |
Daftar Isi:
- Motorik kasar dipengaruhi oleh kematangan anak sebagai awal dari kecerdasan dan emosi sosial anak. Stimulasi berfungsi sebagai penguat yang bermanfaat bagi perkembangan anak. Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting untuk membentuk prilaku. Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pencapaian perkembangan motorik kasar pada anak usia 3-5 tahun di posyandu balita rw 01 kelurahan sisir kota batu. Penelitian ini menggunakan metode Analitik Observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel ditentukan dengan total sampling didapatkan jumlah responden 31 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan ibu sebagian besar baik (67,7%), perkembangan motorik kasar pada anak sebagian besar baik (64,5%). Hasil analisis statistik uji korelasi spearmen didapatkan nilai dengan p-value 0,042 sehingga Ho ditolak pada selang kepercayaan 95% (p-value<0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu dengan pencapaian perkembangan motorik kasar anak. Para ibu hendaknya selalu memantau perkembangan anaknya yaitu dengan cara melatih anaknya dalam melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan usianya agar terhindar dari perkembangan yang terlambat dan tercapai perkembangan lebih baik atau normal.