Hubungan Sikap Petugas Penyaji Makanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Ii Dan Kelas Iii Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang

Main Author: Ifrada, RizkaAyuRifdah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/126252/
Daftar Isi:
  • Pelayanan adalah semua upaya yang dilakukan karyawan untuk memenuhi keinginan pelanggannya dengan jasa yang akan diberikan. Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh pelayanan dari Rumah Sakit yang diberikan, salah satunya adalah sikap petugas penyaji makanan. Oleh karena itu , perlu adanya penelitian yang dapat menunjang untuk mengevaluasi pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap petugas penyaji makanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas 2 dan kelas 3 di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini menggunakan metode observational analisis dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan kuesioner untuk mengetahui penilaian pasien terhadap sikap petugas penyaji makanan dan kepuasan pasien. Hasil dari penelitian ini adalah responden menilai sikap petugas baik sebesar 58%, sedang 41% dan buruk 1%. Sedangkan untuk penilaian kepuasan responden merasa puas sebesar 50%, cukup puas sebesar 48% dan 2% merasa tidak puas. Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan antara sikap petugas penyaji makanan dengan kepuasan pasien rawat inap (p=0,00).