Daftar Isi:
  • Membaca adalah hal yang penting dalam pembelajaran karena itu merupakan suatu faktor penting dalam mengembangkan kemampuan setiap individu dan juga hal penting dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Siswa memerlukan strategi membaca untuk mengatasi masalah demi mencapai pemahaman dalam membaca bagi siswa lelaki dan perempuan. Mengacu pada Keshavarz & Ashtarian (2008) salah satu faktor yang mempengaruhi proses dalam membaca adalah tentang pemahaman tentang bacaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jenis – jenis strategi dalam membaca antara siswa laki - laki dan perempuan di kelas 11 Ipa 3 SMA Laboratorium UM Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang sesuai dengan riset. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner dari Mokhtari dan Sheorey (2002), yaitu SORS (Survey of Reading Strategies). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa laki - laki dan perempuan di kelas 11 Ipa 3. Hasil menunjukan bahwa penggunaan semua strategi membaca pada siswa perempuan termasuk ke dalam level tinggi dengan nilai rata – rata 3.51, dan siswa laki – laki ke dalam level sedang dengan nilai 3.4. Itu berarti siswa perempuan selalu menggunakan strategi membaca sementara siswa laki - laki kadang - kadang menggunakan strategi membaca. Mengenai betapa pentingnya strategi dalam membaca para siswa harus bisa menerapkan staretegi membaca dalam process pembelajaran, sehingga mereka akan mendapat banyak pengetahuan dari membaca. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakuakn penelitian yang spesifik dan lebih luas untuk memperoleh hasil yang berbeda.