Hubungan Besar Porsi Makanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Panti Waluya Kota Malang
Main Author: | Rahayu, HerwindaKusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/126196/ |
Daftar Isi:
- Tuntutan pasien terhadap pelayanan berkualitas bukan hanya dikaitkan dengan kesembuhan dari penyakit, tetapi juga menyangkut kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan pasien di rumah sakit. Komponen dalam kepuasan pasien salah satunya adalah besar porsi makanan. Kepuasan pasien terhadap porsi berkaitan dengan asupan makanan pasien. Asupan makanan yang tidak adekuat yang berlangsung lama akan mengakibatkan malnutrisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan besar porsi makanan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Panti Waluya Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 83 orang. Data dikumpulkan dengan Stratified random sampling menggunakan kuesioner tervalidasi. Analisis data menggunakan uji korelasi Somers’d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien mengkategorikan “sedang” pada besar porsi makanan. Kepuasan pasien terhadap porsi makanan mayoritas termasuk kategori “baik”. Berdasarkan uji korelasi diperoleh hasil bahwa tidak terdapat korelasi bermakna antara besar porsi makanan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Panti Waluya Kota Malang (makanan pokok p=0,061, lauk hewani p = 0,976, lauk nabati p = 0,061, dan sayuran p = 0,487). Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien memiliki tingkat kepuasan tinggi terhadap semua kategori besar porsi makanan. Pihak Rumah Sakit diharapkan untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan makanan khususnya besar porsi makanan sehingga dapat memuaskan pasien.