Hubungan Ketepatan Waktu Penyajian Makanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Tentara Dr. Soepraoen Kota Malang

Main Author: Ramareta, Dhea
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/126193/
Daftar Isi:
  • Ketepatan waktu penyajian makanan adalah salah satu indikator standar pelayanan minimal gizi rumah sakit dan indikator tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di rumah sakit. Pasien yang merasa puas akan cenderung menjadi pelanggan yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketepatan waktu penyajian makanan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Tentara dr. Soepraoen Kota Malang. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling. Data diperoleh dari 149 pasien, yang dirawat di kelas 2 dan 3, pada waktu makan pagi, siang dan malam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan waktu penyajian makanan dan tingkat kepuasan pasien secara umum sudah baik. Hasil analisis menggunakan Spearman dengan α=0,05 yaitu, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan waktu penyajian makanan dengan kepuasan pasien pada makan siang (p=0,513) dan terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan waktu penyajian makanan dengan kepuasan pasien pada makan malam (p=0,027). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pasien selain ketepatan waktu penyajian makanan. Saran dari penelitian ini adalah membuat jadwal urutan kedatangan petugas distribusi dari masing-masing ruangan, melakukan penelitian lebih lanjut dengan metode kualitatif untuk menggali alasan pasien merasa “puas” dan “tidak puas” terhadap ketepatan waktu penyajian makanan.