Daftar Isi:
  • Game online adalah permainan yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan oleh pemain dihubungkan oleh internet. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bermain game memiliki dampak positif atau negatif terhadap daya ingat, bergantung pada cara penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pola bermain game online dengan daya ingat pada remaja (usia 12-14 tahun) di SMP Brawijaya Smart School Malang. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskripsi korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa. Variabel independen penelitian ini adalah pola bermain game online yang diukur dengan menggunakan kuesioner dan variabel dependen adalah daya ingat yang diukur dengan menggunakan Memory Assessment Scales (MAS) yang telah dimodifikasi. Hasil uji statistik Spearman Rho diperoleh nilai p(value) 0,000 dan nilai koefisien korelasi yaitu 0,511, maka dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola bermain game online dengan daya ingat pada remaja (usia 12-14 tahun), dengan arah korelasi positif artinya semakin tinggi pola bermain game online maka semakin baik daya ingat pada remaja dengan kriteria tidak mencapai kecanduan bermain game online, dan kekuatan korelasinya bersifat sedang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara pola bermain game online dengan daya ingat pada remaja (usia 12-14 tahun) di SMP Brawijaya Smart School Malang.