Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Tahap Tumbuh Kembang Anak Dengan Kemandirian Toileting Pada Anak Usia 2 – 3 Tahun
Daftar Isi:
- Teori piaget menyatakan bahwa pada masa toddler yaitu berada pada usia 1 – 3 tahun dan salah satu tugas terbesar pada tahap ini adalah pemenuhan kebutuhan eliminasi (toileting). Pada kenyataanya fenomena yang terjadi, anak pada usia 2 – 3 tahun masih banyak terdeteksi mengalami masalah dalam tumbuh kembangnya khususnya pada tahapan pemenuhan eliminasi. Teori Orem self care merupakan salah satu kemampuan melakukan pemenuhan perawatan diri secara mandiri yang dapat berhubungan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari, misalnya yang berhubungan dengan proses eliminasi. Tugas yang besar pada usia balita adalah salah satunya kemampuan pemenuhan proses elimanasi yaitu toileting. Timbulnya masalah tersebut di karenakan beberapa faktor salah satunya adalah pengetahuan orang tua yang kurang tentang tahap tumbuh kembang anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan orang tua tentang tahap tumbuh kembang anak dengan kemandirian toilet training pada anak usia 2 - 3 tahun. Desain penelitian menggunakan studies korelasional pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 36 responden. Hasil menunjukkan ada hubungan bermakna antara pengetahuan orang tua dengan kemandirian toileting pada anak usia 2 – 3 tahun dengan nilai p = 0,008. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetuan orang tua tentang tahap tumbuh kembang anak dengan kemandirian toilet training pada anak usia 2 - 3 tahun. Saran : diharapkan untuk penelitian selanjutnya untuk meneliti tentang kemandirian toileting pada anak usia 3-5 tahun