Daftar Isi:
  • Cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan perilaku hidup sehat dasar yang mencegah kuman penyakit. Guru disekolah berperan untuk mendidik siswa sehingga mau menanamkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dukungan guru terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun anak usia sekolah. Desain penelitian menggunakan studi corelasional pendekatan cross sectional. pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dan dilanjutkan dengan teknik simple random sampling 148 anak kelas 1 sampai kelas 6. Hasil penelitian menunjukkan perilaku cuci tangan baik 129 siswa ( 87%) dan kurang 19 siswa (13%). Sedangkan dukungan guru baik 106 siswa ( 72%) dan kurang 42 siswa (28%). Uji statistik menggunakan Rank Spearmen menunjukkan adanya hubungan signifikansi dengan p value ( 0,000) < ( 0,005). Kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara dukungan guru terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun anak usia sekolah. Diharapkan semua siswa mampu memahami pentingnya perilaku cuci tangan pakai sabun sehingga dapat meningkatan perilaku cuci tangan anak agar terhindar dari kuman penyakit.