Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS dr.Soepraoen Malang
Daftar Isi:
- Pelayanan keperawatan di departemen gawat darurat merupakan suatu bentuk pelayanan yang berorientasi kepada pasien dan keluarga dimana perawat memiliki peran yang sangat penting dalam tercapainya kesempurnaan pelayanan kesehatan yang secara keseluruhan akan memberikan kesan kepuasan terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi gawat darurat (IGD) RS dr.Soepraoen Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan studi cross-sectional. Pemilihan sampel dengan pendekatan purposive sampling, sebanyak 57 orang. Analisis data menggunakan uji statistik pearson product moment. Hasil uji didapatkan bahwa p-value 0,000<0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,902. Nilai korelasi ini menunjukkan bahwa hubungan antara pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien termasuk dalam kategori sangat kuat. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin baik pelayanan yang diberikan oleh perawat maka pasien akan merasa sangat puas dengan pelayanan yang diterima. Oleh karena itu, disarankan kepada rumah sakit khususnya di instalasi gawat darurat (IGD) untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatannya, sehingga kepuasan pasien tetap terjaga dengan baik dan menambah jumlah tenaga perawat agar pelayanan keperawatan lebih maksimal.