Hubungan Antara Tingkat Efikasi Diri dengan Tingkat Stres Akademik pada Siswa di Pondok Pesantren Modern Al Amanah Junwangi Kec. Krian Kab. Sidoarjo
Daftar Isi:
- Kehidupan siswa yang tinggal di pesantren lebih rentan terhadap kejadian stres akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres akademik adalah efikasi diri. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat efikasi diri dengan tingkat stres akademik. Studi ini menggunakan analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII di Pondok Pesantren Modern Al Amanah Junwangi dengan total 168 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Terdapat dua variable yang diukur dalam penelitian ini yaitu variabel dependen (tingkat efikasi diri) dan variabel independen (tingkat stres akademik) yang diobservasi sekaligus pada waktu yang sama. Pengambilan data penelitian menggunakan metode self report questionnaires dengan alat pengumpul data yaitu kuesioner stres akademik dan kuesioner efikasi diri. Berdasarkan uji korelasi Rank Spearman didapatkan kolerasi antara kedua variabel yaitu sebesar -.448. Hasil kolerasi sebesar 0.448 menunjukkan bahwa kolerasi antara kedua variabel berada dalam selang sedang. Sementara itu, tanda (-) menunjukkan hubungan negatif, dimana semakin tinggi tingkat efikasi diri maka semakin rendah tingkat stres akademik. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan juga untuk meneliti fluktuasi stres akademik yang di alami oleh siswa di Pondok Pesantren Modern Al Amanah Junwangi Kec. Krian Kab. Sidoarjo sesuai dengan tingkatan kelas dari kelas VII, VIII dan IX.