Daftar Isi:
  • Hospitalisasi akan menimbulkan berbagai dampak pada anak prasekolah. Mekanisme koping pada anak sangat mendukung proses adaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi bermain education flashcard terhadap perubahan mekanisme koping anak usia prasekolah selama hospitalisasi setelah dilakukan intervensi bermain education flashcard. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimental dengan metode penelitian non randomized control group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah anak usia prasekolah yang dirawat di ruang Nusa Indah RST dr. Soepraoen Malang sejumlah 20 responden. Metode sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian yaitu aktivitas bermain education flashcard dan mekanisme koping. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan pada hari pertama dan hari terakhir pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan 10 responden pada kelompok perlakuan mengalami perubahan mekanisme koping dari kurang adaptif ke cukup adaptif, sedangkan pada 10 responden pada kelompok kontrol tidak mengalami perubahan mekanisme koping. Hasil uji statistik independent t-test menunjukkan p-value (0.000 < 0.05). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan mekanisme koping pada kelompok kontrol dan perlakuan. Berdasarkan penelitian ini, terapi bermain education flashcard dapat diterapkan pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) dalam meningkatkan mekanisme koping anak selama hospitalisasi.