Perbandingan Efektivitas Media Poster dengan Media Flipchart terhadap Pengetahuan Siswa Tunarungu SDLB-B YPTB Malang dalam Rangka Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut
Daftar Isi:
- Anak tunarungu adalah anak yang mengalami hambatan atau keterbatasan sebagian maupun seluruh fungsi pada indera pendengarannya. Pada anak tunarungu resiko terkena masalah kesehatan gigi dan mulut lebih tinggi dibandingkan pada anak normal yang disebabkan oleh keterbatasannya dalam menangkap informasi akibat gangguan fungsi pendengaran sehingga menyebabkan terbatasnya sarana informasi yang memungkinkan anak untuk mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit gigi dan mulut. Untuk itu dibutuhkan media informasi yang sesuai dengan kondisi anak tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan pening¬katan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada penderita tunarungu yang menggunakan media pembelajaran poster dan flipchart. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental, menggunakan metode penelitian one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDLB-B YPTB Malang Tahun 2014 yang berjumlah 37 siswa. Sampel berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil uji t berpasangan diketahui bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai pre-test dan post-test pada masing-masing kelompok yaitu kelompok media poster (p=0,001) dan media flipchart (p=0,426), yang artinya terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa tunarungu antara post-test kelompok media poster dengan kelompok flip chart. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut antara mengguna¬kan media poster dan flipchart.