Daftar Isi:
  • Kemampuan bahasa berkembang paling cepat pada periode usia prasekolah. Akan tetapi, perkembangan bahasa sering mengalami permasalahan pada masa usia prasekolah. Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh faktor internal dari anak dan faktor eksternal dari lingkungan. Faktor lingkungan melalui stimulasi orang tua dalam bentuk komunikasi menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola komunikasi ibu terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah. Studi observasional analitik ini menggunakan desain cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 76 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Variabel yang diteliti adalah pola komunikasi ibu menggunakan instrumen kuesioner pola komunikasi, dan perkembangan bahasa anak usia prasekolah menggunakan instrumen lembar observasi PAUD. Analisis hubungan kedua variabel menggunakan uji Chi-Square dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil uji Chi-Square pada penelitian ini menunjukkan bahwa x2hitung (33,812) lebih besar daripada x2tabel (5,991) dan besar signifikansi (0,000) lebih kecil daripada α (0,05) Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pola komunikasi ibu dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah (3-6 tahun). Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan informasi tentang pentingnya mengetahui hubungan pola komunikasi ibu terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah, pengembangan penelitian selanjutnya, menjadi referensi, menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat diterapkan di masyarakat.