Daftar Isi:
  • Durasi bermain gadget pada anak-anak yang tidak dibatasi salah satunya dapat mempengaruhi kemampuan kognitif yaitu perkembangan dari kemampuan berfikir (otak) seperti pemahaman, penalaran, pengetahuan dan pengertian. Penelitian bertujuan untuk menganalis hubungan durasi bermain gadget terhadapt ingkat kemampuan kognitif anak usia preschool (4-5 tahun) di TK The Naff School Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional yang dilakukan dengan mengobservasi tingkat kemampuan kognitif anak dengan panduan lembar observasi. Responden adalah sebanyak 30 siswa TK TheNaff School Kota Kediri dipilih dengan teknik total sampling. Hasil uji statistic spearman correlation rank mempunyai p-value <0,05 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara durasi bermain gadget dan tingkat kemampuan kognitif. Nilai koefisien korelasi spearman yaitu sebesar -0.611. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara durasi bermain gadget dan tingkat kemampuan kognitif dapat dilihat dari hasil yang bernilai negative menunjukkan adanya hubungan yang terbalik artinya semakin lama bermain gadget maka kemampuan kognitifnya akan semakin menurun. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa durasi bermain gadget pada anak yang tidak dibatasi dapat mempengaruhi kemampuan kognitif. Disarankan kepada orangtua untuk lebih membatasi durasi bermain gadget bagi anaknya. Bagi perawat untuk kedepannya lebih memperhatikan aspek perkembangan kognitif anak.