The Use Of Video Blog To Learn English Vocabulary

Main Author: Mamuko, Ephifania
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1259/
Daftar Isi:
  • Penguasaan kosakata selalu menjadi salah satu tugas yang sangat kompleks dalam proses belajar bahasa asing, kosakata dianggap sebagai tantangan terberat bagi pelajar bahasa Inggris. Mehta (2009) menyatakan bahwa "kosa kata adalah langkah penting pertama dan terpenting dalam perolehan bahasa." Pembelajaran dan teknologi tidak dapat dipisahkan dengan jelas, orang dapat menemukan penggunaan bahasa Inggris dengan menggunakan teknologi. Beberapa teknologi yang bisa digunakan orang adalah internet, seperti YouTube. Di YouTube ada versi singkat blog dalam video yang disebut Vlog. Vlog adalah salah satu sumber yang berguna yang berperan significanct dalam pendidikan dan juga dianggap sebagai sumber belajar yang menarik bagi pelajar bahasa Inggris asing (EFL) untuk mempraktikkan bahasa dan mendapatkan eksposur otentik. Oleh karena itu, penelitian saat ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi penggunaan Vlog dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kosa kata bahasa inggris bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Budaya,Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk melakukannya, checklist diadaptasi dari Olubanke M Bankole, Stephen O. Babalola (2012). Subjek penelitian ini adalag 3 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa Vlog dapat membantu siswa untuk belajar kosa kata baru, para siswa tertarik untuk mengembangkan muatan kosa kata mereka menggunakan Vlog. Video juga membawa bagaimana orang berperilaku dalam budaya yang bahasanya mereka pelajari. Dengan menonton Vlog bahasa Inggris, para siswa dapat mempelajari kosakata baru, dan mempraktikkannya dengan baik. Vlog juga memiliki dampak positif bagi karya akademis mereka, dan terkadang bisa membantu siswa mendapatkan informasi untuk tugas mereka. Peneliti memberi saran kepada para peneliti lainnya untuk mencari lebih banyak responden, dan mempelajari focus yang lain seperti pengaruh Vlog terhadap kemampuan bahasa inggris lainnya.