Daftar Isi:
  • Seorang tenaga kesehatan diakui berkompeten jika mampu memberikan suatu pelayanan yang berkualitas. Pelayanan berkualitas ini dapat diamati dari prestasi belajar atau nilai ujian skill lab selama mengikuti pembelajaran di institusi kesehatan. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar atau nilai ujian skill lab tersebut ialah Lingkungan belajar yang merupakan interaksi dari berbagai aspek yang terjadi selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Nilai Ujian Skill Lab Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Brawijaya. Penelitian bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian ini ( n=97) adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Brawijaya angkatan 2012 yang sudah mengikuti pembelajaran di blok 11 dan 12. Hasil penelitian dengan uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar dengan nilai ujian skill lab mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Brawijaya (p=0.053; p=0.604) tidak mempunyai hubungan atau pengaruh yang signifikan (p>0.05) Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lingkungan Belajar tidak berpengaruh terhadap nilai ujian skill lab mahasiswa program Studi Pendidikan Dokter Gigi Universitas Brawijaya