Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Dengan Persepsi Pasien Terhadap Patient-Centered Care (Studi Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang)
Daftar Isi:
- Sebesar 59% Dari 317 Kasus Malpraktek Merupakan Masalah Komunikasi. Komunikasi Merupakan Komponen Penting Untuk Melakukan Proses Klinik Yang Berpusat Pada Pasien (Patient-Centered Care). Patient-Centered Care Diartikan Sebagai Pelayan Secara Holistik. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Persepsi Pasien Terhadap Patient-Centered Care Oleh Dokter Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Desain Penelitian Yang Digunakan Adalah Deskriptif Analitik Dengan Pendekatan Cross Sectional. Sampel Dipilih Dengan Menggunakan Teknik Purposive Sampling. Variabel Independen Yang Diteliti Adalah Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan, Sedangkan Variabel Dependen Yang Diteliti Adalah Patient-Centered Care. Hasil Rata-Rata Skor Penerapan Patient-Centered Care Adalah 4,026. Sedangkan, Hasil Uji Signifikansi Mann-Whitney Dengan Tingkat Kemaknaan P<0,05. Tingkat Pendidikan Tidak Berhubungan Signifikan (P Value = 0,614), Demikian Juga Pada Tingkat Pendapatan (P Value = 0,828). Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Pasien Tidak Berhubungan Signifikan Pada Persepsi Pasien Terhadap Patient-Centered Care.