Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecerdasan Emosi Anak Usia Remaja Di Smp Islam Al - Hikmah Tajinan Malang

Main Author: Junaedi, GigihAdetya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/125746/
Daftar Isi:
  • Pola asuh orang tua merupakan peran aktif orang tua terhadap perkembangan anak sampai mencapai kedewasaan sesuai dengan norma-norma yang ada di masyarakat. Pola asuh dapat mempengaruhi pola sikap anak dikemudian hari. Pola asuh orang tua yang digunakan ada empat macam pola asuh yaitu, demokratis, otoriter, pemanja, dan penelantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kecerdasan emosi anak usia remaja. Jenis penelitian ini menggunakan desain studi korelasidengan pendekatan cross sectional, pemilihan sampel dengan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu orang tua dan siswa usia remaja sebanyak 58 responden. Analisis data yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil uji statistik didapatkan hubungan yang tidak signifikan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kecerdasan emosi anak usia remaja, dengan nilai p = 0,205 walaupun tidak signifikan tetapi ada kecenderungan pada orang tua dengan pola asuh otoriter mempunyai anak dengan tingkat kecerdasan emosi cukup. Maka dari itu diperlukan pola asuh yang tepat dan baik untuk menjadikan kecerdasan emosi anak baik.