Daftar Isi:
  • Prokrastinasi akademik adalah penundaan untuk melakukan tugas akademik. Salah satu hal yang sering dikaitkan dengan perilaku prokrastinasi akademik adalah efikasi diri. Efikasi diri adalah keyakinan dan kepercayaan individu akan kemampuannya dalam menyelesaikan suatu tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya (PSIK UB) yang sedang menyusun tugas akhir. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik korelasional, dengan metode pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Total Sampling pada 138 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner efikasi diri dan kuisioner Tuckman Procrastination Scale. Data di analisa menggunakan Uji Pearson. Berdasarkan hasil penelitian antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa PSIK UB, didapatkan nilai korelasi -0,608 dan nilai P value sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan negatif signifikan yang kuat antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa PSIK UB yang sedang menyusun tugas akhir. Untuk selanjutnya, peneliti memberikan saran untuk mengidentifikasi mengenai hubungan prokrastinasi dengan variabel psikologis lainnya, yaitu kontrol diri, kesadaran diri, kecemasan sosial dan harga diri serta melakukan penelitian mengenai efek pemberian pelatihan efikasi diri terhadap tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir,