Pengaruh Pelatihan Proses Keperawatan (Nanda, Nic, Noc) Terhadap Keterampilan Perawat Dalam Penyusunan Diagnosa Keperawatan Nanda Di Ruang Anak Rumah Sakit Saiful Anwar Malang

Main Author: Wijaya, Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/125615/
Daftar Isi:
  • Penyusunan diagnosa keperawatan menentukan kualitas pelayanan perawat. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan perawat di antaranya adalah pelatihan proses keperawatan berbasis NANDA, NIC dan NOC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan proses keperawatan (NANDA, NIC, NOC) terhadap keterampilan perawat dalam penyusunan diagnosa keperawatan NANDA di ruang anak Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Penelitian ini berlangsung mulai dari tanggal 20 November sampai tanggal 20 Desember 2014. Desain penelitian menggunakan desain penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design. Populasinya adalah perawat di ruang anak Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Sampel yang diambil sebanyak 38 orang dengan teknik pengambilan sampel, total sampling. Teknik pengolahan data dengan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan perawat dalam penyusunan diagnosa keperawatan sebesar 63%. Uji statistik Wilcoxon didapatkan nilai Z yang didapat sebesar -5,204 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 dimana kurang dari batas kritis penelitian (p value < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh pelatihan proses keperawatan berdasarkan NANDA, NIC dan NOC terhadap keterampilan perawat dalam penyusunan diagnosa keperawatan (NANDA) di Ruang Anak Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.