Pengaruh Pelatihan Proses Keperawatan Nanda Nic Noc Terhadap Tingkat Pengetahuan Perawat Dalam Penyusunan Intervensi Di Ruang Pediatrik Rssa Malang

Main Author: Muhsan, Suryat
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/125592/
Daftar Isi:
  • Pengetahuan dan keterampilan perawat merupakan salah satu upaya untuk menciptakan tenaga keperawatan professional yang memberikan asuhan keperawatan dengan pedoman NANDA, NOC, NIC yang berkembang seiring dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Dimana NANDA, NOC, NIC merupakan system klasifikasi keperawatan yang telah menjadi standarisasi dalam dunia keperawatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pelatihan proses keperawatan NANDA, NOC, NIC terhadap peningkatan pengetahuan perawat dalam menyusun intervensi keperawatan di rumah sakit Saiful Anwar. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-eksperimental dengan pendekatan pretest-postest pada kelompok perlakuan (One Group Pra-Post test Design).sampel penelitian ini sebanyak 38 responden yang dipilih dengan metode Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Pengolahan dan analisa pengaruh pelatihan proses keperawatan dengan peningkatan pengetahuan perawat menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan dalam penyusunan NIC sebelum diberikan pelatihan proses keperawatan (NANDA, NIC, dan NOC) adalah 0 responden (0%) yang baik, 1 responden (3%) yang cukup dan setelah diberikan pelatihan menjadi sebanyak 1 responden (3%) yang baik, 5 responden (13,2%) yang cukup. Hasil uji statistic wilcoxon rank test didapatkan p value = 0,000 (p value < 0,05). Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh pelatihan proses keperawatan (NANDA, NIC, dan NOC) terhadap pengetahuan perawat dalam penyusunan NIC di RSSA Malang.