Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Guided Imagery Sebagai Penanganan Nyeri Dismenore Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Siswi Kelas X Sma 1 Berbek, Nganjuk
Main Author: | Yunitasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/125589/ |
Daftar Isi:
- Dismenore adalah nyeri haid yang mengakibatkan rasa tidak enak di perut bawah sebelum dan selama haid dan sering kali menimbulkan rasa mual. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu dari tiga program pokok UKS untuk meningkatkan derajat kesehatan siswa dan dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan. Guided imagery merupakan salah satu teknik distraksi untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang guided imagery sebagai penanganan nyeri dismenore terhadap tingkat pengetahuan siswi kelas X SMA 1 Berbek, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental one group pretest-postest only design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 siswi yang mengalami dismenore yang didapatkan dengan cara total sampling. Variabel yang diukur dalam penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan siswi sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang guided imagery. Rata-rata skor pengetahuan sebelum perlakuan adalah 8,600 dan rata-rata skor sesudah perlakuan menunjukkan peningkatan yaitu 11,583. Hasil uji T berpasangan menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretes dan postes pada siswi kelas X SMA 1 Berbek adalah berbeda secara signifikan dengan nilai p yaitu 0,00 (p value < 0,05). Pendidikan kesehatan tentang penanganan nyeri dismenore dengan guided imagery berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan siswi SMA 1 Berbek.