Perbedaan Perkembangan Kognitif Dan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti Paud Dengan Yang Tidak Mengikuti Paud Di Desa Sidorejo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang
Daftar Isi:
- Pada masa prasekolah (2-6 tahun) perkembangan kognitif dan personal sosial anak berkembang dengan pesat. Perkembangan kognitif dan personal sosial sangat dipengaruhi oleh stimulasi. Salah satu stimulasi yang bisa didapat adalah dengan mengikutsertakan anak dalam program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan perkembangan kognitif dan perkembangan per¬sonal sosial anak usia prasekolah antara yang mengikuti PAUD dengan yang tidak mengikuti PAUD di Desa Sidorejo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Desain penelitian yang digunakan observasi analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 88 anak usia prasekolah (2-6 tahun) dan 88 orangtua. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, sebanyak 41 anak mengikuti PAUD dan 47 anak tidak mengikuti PAUD. Data diambil dengan observasi langsung dan menggunakan instrument penelitian yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan perkembangan kognitif antara anak yang mengikuti PAUD dengan yang tidak mengikuti PAUD dengan nilai signifikasi p < 0,05, sedangkan pada perkembangan personal sosialo anak tidak ada perbedaan antara anak yang mengikuti PAUD dengan yang tidak mengikuti PAUD dengan nilai signifikasi p > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar para ibu bisa meningkatkan stimulasi kepada anaknya yang tidak diikutkan PAUD maupun yang diikutkan dalam PAUD agar perkembangan anak bisa optimal.