Daftar Isi:
  • Setiap Mahasiswa Mempunyai Gaya Belajar Yang Berbeda-Beda, Dengan Mengetahui Gaya Belajar Yang Efektif Akan Menghasilkan Hasil Belajar Yang Baik. Gaya Belajar Dibagi Menjadi Tiga Tipe Yaitu Gaya Belajar Audio, Gaya Belajar Visual Dan Gaya Belajar Kinestetik. Dari Ketiga Gaya Belajar Tersebut Pada Umunya Hanya Satu Yang Dominan. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Gaya Belajar Yang Dominan Dan Hasil IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Dan Menganalisis Apakah Terdapat Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar (IPK). Jenis Penelitian Ini Adalah Deskriptif-Analitik. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Angaktan 2011.Pengambilan Data Diambil Dengan Dua Metode Yaitu Dengan Kuisioner VAK Untuk Mengambil Data Tentang Gaya Belajar Dan Metode Dokumentasi Untuk Mengambil Data Prestasi Akademik Mahasiswa. Pengolahan Data Diuji Dengan Menggunakan Chi Square Untuk Mengatahui Adanya Hubungan Adanya Hubungan Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi. Berdasarkan Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Mahasiswa PSPDG FKUB Memiliki Gaya Belajar Yang Dominan Adalah Gaya Belajar Audio Yaitu 34 Orang Dan Hasil Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa PSPDG Dominan Pada IPK Kategori Sangat Memuaskan (2,76-<3,50). Setelah Diuji Statistik Didapat P>0,05 Yang Artinya Tidak Hubungan Yang Signifikan Antara Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah Bahwa Antara Gaya Belajar Auditori, Visual Dan Kinestetik Tidak Ada Yang Lebih Unggul Ketiganya Pengaruhnya Sama. .