Daftar Isi:
  • Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Menjadi Hal Yang Penting Untuk Ditanamkan Sejak Usia Sekolah Karena, Anak Usia Sekolah Merupakan Masa Yang Rentan Terhadap Masalah Kesehatan. Selain Itu Anak Usia Sekolah Juga Merupakan Masa Pertumbuhandan Perkembangan Terutama Aspek Kognitif Dan Motorik, Sehingga Memiliki Potensi Yang Baik Untuk Diberikan Bimbingan Terkait Penerapan Phbs. Menurut Cullen (2000) Factor Yang Paling Mempengaruhi Prilaku Anak Adalah Peran Orang Tua, Kebiasaan Atau Perilaku Orang Tua Akan Ditiru Oleh Anak Sebagai Model Atau Contoh Terutama Sebagai Pihak Yang Lebih Lama Kontak Dengan Anak Dan Mendampingi Dalam Kegiatan Sehari – Hari Selama Di Rumah. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Hubungan Peran Keteladanan Orang Tua Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Sekolah Di Sdn Merjosari 4 Malang. Desain Penellitian Yang Digunakan Yaitu Pendekatan Correlational Study Dengan Tipe Descriptive Correlational Design. Pengambilan Sampel Dilakukan Dengan Teknik Total Sampling Pada Anak Kelas 4 Dan 5 Sehingga Didapatkan 35 Responden. Variabel Peran Keteladanan Orang Tua Diukur Menggunakan Kuisioner Peran Keteladanan Orang Tua, Dan Variabel Phbs Anak Usia Sekolah Diukur Menggunakan Kuisioner Phbs Anak Usia Sekolah. Data Dianalisis Menggunakan Uji Korelasi Spearman’s Rank Rho Dengan Tingkat Kepercayaan 95% (A=0,05). Hasil Uji Tersebut Adalah P Value 0,000 Dan P<0,05 Maka, H0 Ditolak Yang Berarti Bahwa Terdapat Hubungan Atau Korelasi Yang Bermakna Antara Peran Keteladanan Orang Tua Dengan Phbs Anak Usia Sekolah. Kekuatan Korelasi Didapatkan Sebesar 0,62 Yang Berarti Kedua Variabel Memiliki Korelasi Yang Kuat Dengan Arah Korelasi Positif (+) Atau Searah. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Semakin Baik Peran Keteladanan Orang Tua Maka Akan Semakin Baik Pula Phbs Anaknya. Oleh Karena Itu Diharapkan Agar Orang Tua Dapat Dilibatkan Dalam Kegiatan Anak Usia Sekolah Baik Di Lingkungan Masyarakat Ataupun Sekolah