Pengaruh Bibliotherapy Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah 11-12 Tahun
Daftar Isi:
- Kecerdasan Emosional Merupakan Salah Satu Bagian Penting Dalam Tahap Perkembangan Anak Usia Sekolah. Kecerdasan Emosional Yang Baik Dapat Mempengaruhi Perilaku Anak Yaitu Dalam Prestasi Di Sekolah Dan Hubungan Dengan Teman Sebaya. Namun Kenyataan Di Lapangan Menunjukkan Bahwa Anak Banyak Mengalami Masalah Emosional Yaitu Sekitar 80 % Pada Usia 11-15 Tahun. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Biblioterapi Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah 11-12 Tahun. Desain Penelitian Ini Menggunakan One Group Pretest-Posttest Design, Dengan Penentuan Responden Yang Menjadi Sampel Adalah Populasi Yang Memenuhi Kriteria Inklusi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Terdapat Peningkatan Rata-Rata Skor Kecerdasan Emosional Sebesar 3,55 Dengan Rata- Rata Skor Kecerdasan Emosional Sebelum Terapi Sebesar 17,67 Dan Setelah Diberikan Terapi Sebesar 21,22 Ml. Berdasarkan Uji Hipotesis Dengan Menggunakan Uji Paired-Sample T-Test Dengan Tingkat Kepercayaan 95% Didapatkan Nilai Signifikansi (P) Adalah 0,000, Yang Artinya P < 0,05, Ini Menandakan Bahwa Terdapat Pengaruh Biblioterapi Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah 11-12 Tahun. Dari Penelitian Ini Dapat Disimpulkan Bahwa Dapat Dijadikan Salah Satu Alternatif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak. Sehingga Peneliti Menyarankan Bagi Akademisi Keperawatan Untuk Dapat Mengembangkan Prosedur Ini, Agar Dapat Diterapkan Di Masyarakat