Pengaruh Kegiatan Bermain Papertoys pada Anak Preschool Kelompok TK A Terhadap Kemampuan Kooperatif di TK Negeri Pembina Kabupaten Kediri di Pare
Daftar Isi:
- Kegiatan Bermain Papertoys Memiliki Keterkaitan Dengan Perkembangan Sosial Emosinal Anak Sehingga Dapat Menstimulasi Kemampuan Kooperatif Anak Usia Preschool. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Menganalisa Pengaruh Kegiatan Bermain Papertoys Terhadap Kemampuan Kooperatif Anak. Dalam Penelitian Ini Peneliti Menggunakan Desain Penelitian Quasy Experiment Dengan Pendekatan Control Group Post Test Design Only. Penelitian Ini Dilakukan Terhadap Anak Usia Preschool Di TK Negeri Pembina Kabupaten Kediri Di Pare Selama 4 Kali Dalam Waktu 2 Minggu. Sampel Dari Penelitian Ini Berjumlah 22 Responden Yang Terbagi Dalam Kelompok Perlakuan Dan Kelompok Kontrol, Dimana Pada Kelompok Perlakuan Diberikan Kegiatan Bermain Papertoys Dan Pada Kelompok Kontrol Diberikan Kegiatan Menggambar. Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Observasi. Hasil Dari Penelitian Menunjukkan Nilai Asymp Sig. 0.024 Dan Pada Kelompok Perlakuan Atau Yang Diberikan Kegiatan Bermain Papertoys Mencapai Kriteria Baik Sebanyak 82% Dan Pada Kelompok Kontrol Atau Kegiatan Menggambar Hanya Mencapai Kriteria Cukup Sebanyak 46%. Berdasarkan Hasil Penelitian Tersebut Menunjukkan Bahwa Kegiatan Bermain Papertoys Berpengaruh Terhadap Kemampuan Kooperatif Anak Usia Preschool Di TK Negeri Pembina Kabupaten Kediri Di Pare. Diharapkan Anak Diberikan Kegiatan Bermain Papertoys Selama 1 Minggu Sekali Selama 30 Menit Untuk Meningkatkan Kemampuan Kooperatif Anak.