Analisis Jumlah Armada Terhadap Profit “KEJO Malang” dengan Pendekatan Simulasi Sistem Dinamik

Main Author: Nurullah, Muhammad Fariz
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/12514/
Daftar Isi:
  • Ojek merupakan salah satu layanan transportasi dengan cara membonceng penumpang dengan sepeda motor. Layanan ojek memberikan kemudahan yang tidak dimiliki oleh angkutan kota, yaitu penumpang dapat memilih tujuan dan pengemudi ojek menentukan tarif yang harus dibayarkan oleh penumpang, berbeda dari angkutan kota yang memiliki trayek atau rute perjalanan pulang-pergi yang telah ditentukan, sehingga penggunaan ojek lebih menghemat waktu dan biaya. KEJO Malang berdiri pada bulan Agustus tahun 2015 di Kota Malang, dengan aktifitas utama sebagai penyedia layanan ojek online. KEJO Malang memeliki tiga pelayanan utama yaitu, transportatiom, delivery dan courier. Pada periode 2016 - 2017 KEJO Malang mengalami fluktuasi permintaan yang mempengaruhi profit yang didapatkan. Melalui Simulasi sistem dinamik diharapkan dapat membantu KEJO Malang untuk mengetahui hubungan antar variabel didalam sistem pelayanan jasa, dan dapat dijadikan pendukung penyusunan keputusan terkait usaha perbaikan. Dalam penelitian ini, langkah yang dilakukan diantaranya melakukan studi pustaka dan studi lapangan, pengambilan data, dan pengolahan data. Pada pengolahan data dilakukan beberapa langkah, antara lain melakukan identifikasi sistem, konseptualisasi sistem, formulasi model, simulasi model, dan analisis kebijakan. Pada tahap identifikasi sistem dilakukan analisis terhadap sistem pelayanan jasa KEJO Malang, identifikasi variabel, dan interaksi antar variabel dalam sistem. Pada tahap konseptualisasi sistem, dilakukan penggambaran causal loop diagram dan stock and flow diagram. Pada tahap formulasi model dilakukan dengan memberikan unit, dan formula ke dalam model. Pada tahap simulasi model dilakukan verifikasi dan validasi model, analisis hasil simulasi model dan pembuatan skenario kebijakan. Pada tahap analisis kebijakan dilakukan analisis terhadap skenario kebijakan yang telah dibuat. Hasil penelitian ini menunjukan ada 17 variabel yang terdapat dalam sistem. Dimana armada pengemudi ojek secara tidak langsung mempengaruhi profit perusahaan. Hal ini didapatkan dari penggunaan causes tree dan uses tree dimana pengemudi ojek mempengaruhi jumlah kapasitas pelayanan, yang secara tidak langsung mempengaruhi pendapatan yang berhubungan langsung dengan profit perusahaan. Hasil simulasi menunjukan berdasarkan kondisi saat ini perusahaan mengalami penurunan profit yang menyebabkan kerugian. Terdapat dua skenario yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil simulasi menunjukan skenario 2 adalah skenario terbaik untuk dapat meningkatkan profit, yaitu dengan cara penambahan jumlah pengemudi ojek sebanyak 10 orang pengemudi orang untuk dapat memenuhi semua permintaan pelayanan. Skenario 2 dibuat berdasarkan permintaan pelayanan tertinggi yaitu 1997 permintaan, kenario 2 menghasilkan peningkatan rata-rata profit sebesar 85% dari kondisi saat ini.