Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Tingkat Depresi Di Sman 1 Kraksaan

Main Author: Cahyani, EkaFitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/125117/1/FULLTEXT.pdf
http://repository.ub.ac.id/125117/
Daftar Isi:
  • Depresi Merupakan Adalah Salah Satu Bentuk Gangguan Kejiwaan Pada Alam Perasaan (Affective/Mood Disorder). Depresi Dapat Menyerang Semua Kalangan Terutama Remaja. Remaja Dengan Orang Tua Otoriter Akan Mendapatkan Kontrol Dan Hukuman Yang Tinggi. Hal Ini Dipengaruhi Oleh Bagaimana Tingkat Pendidikan Orang Tua Dalam Menerapkan Pola Asuh Dalam Keluarganya, Sehingga Remaja Dengan Orang Tua Otoriter Lebih Rentan Mengalami Depresi. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja. Penelitian Ini Menggunakan Metode Cross Sectional. Sampel Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas X Di Sman 1 Kraksaan Yang Dipilih Dengan Tehnik Purposive Sampling. Variabel Yang Diukur Dalam Penelitian Ini Adalah Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dan Tingkat Depresi. Berdasarkan Hasil Penelitian, Diperoleh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dalam Rentang Sedang, Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dalam Rentang Sedang Dan Tingkat Depresi Remaja Dalam Rentang Sedang. Berdasarkan Uji Korelasi Rho Spearmen Hubungantingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Diperoleh P=0,000 Dengan Arah Hubungan Negatif. Sedangkan Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Tingkat Depresi Diperoleh P=0,000 Dengan Arah Hubungan Positif. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Terdapat Hubungan Bermakna Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja