Perbandingan Antara Pendidikan Kesehatan Metode Student Teams Achievement Division (Stad) Dengan Metode Jigsaw Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Si
Daftar Isi:
- Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2013) Penyakit Menular Terbanyak Yang Ditularkan Melalui Makanan, Air Dan Lainnya Adalah Diare. Selain Itu Masih Banyak Ditemukan Data-Data Penyakit Yang Sering Menyerang Anak Usia Sekolah (Sd) Seperti Kecacingan 40-60 % Dan Anemia 23% (Kementerian Kesehatan, 2010). Munculnya Penyakit Tersebut Sering Menyerang Anak Pada Usia Sekolah Yang Umumnya Berkaitan Dengan Rendahnya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs). Timbulnya Permasalahan Tersebut Menyebabkan Perlunya Metode Yang Efektif Untuk Meningkatkan Pengetahuan Phbs Yang Diharapkan Akan Berdampak Pada Sikap Phbs Siswa. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Perbandingan Antara Pendidikan Kesehatan Metode Stad Dengan Metode Jigsaw Terhadap Peningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Phbs. Desain Penelitian Menggunakan Quasy- Experimental Dengan Metode Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest Design, Dengan 30 Siswa Sebagai Responden Yang Dibagi Kedalam Kelompok Stad Dan Jigsaw Dimana Masing-Masing Kelompok Terdapat 15 Siswa. Kelompok Stad Diberi Pendidikan Kesehatan Metode Stad, Kelompok Jigsaw Diberi Pendidikan Kesehatan Metode Jigsaw. Data Diambil Dengan Menggunakan Kuesioner Kemudian Dianalisa Menggunakan Parametrik Independent T-Test. Hasil Penelitian Variabel Pengetahuan Menunjukkan Kelompok Jigsaw Lebih Efektif Meningkatkan Pengetahuan Dibanding Kelompok Stad Dengan Nilai Signifikan Yaitu P Value = 0.001. Sedangkan Hasil Penelitian Variabel Sikap Phbs Menunjukkan Bahwa Kedua Kelompok Dapat Meningkatkan Sikap Phbs, Sehingga Nilai P Value 0,689. Namun Rata-Rata Sikap Phbs Lebih Tinggi Pada Kelompok Jigsaw. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah Terdapat Pengaruh Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Pengetahuan Phbs Pada Siswa. Penelitian Ini Menyarankan Bahwa, Tenaga Kesehatan Maupun Pihak Sekolah Dapat Menggunakan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Phbs.