Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan Toilet Training pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Kecamatan Lowokwaru Kota Malang
Daftar Isi:
- Kemandirian adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan atau tugas sehari-hari sesuai dengan tahapan perkembangan dan kapasitasnya. Salah satu tugas kemandirian yang harus sudah dilaksanakan pada anak usia prasekolah adalah kemampuan toileting yakni anak mampu buang air kecil dan besar di kamar mandi. Kemampuan toileting merupakan sebuah hasil dari upaya pelatihan kontrol BAK (Buang Air Kecil) dan BAB (Buang Air Besar) anak yang masing-masing dilakukan oleh sistem perkemihan dan defekasi yang biasa disebut toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling untuk memilih sampel anak usia prasekolah. Data diolah secara chi square dan regresi logistik berganda (α < 0.05). Penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan toilet training. Faktor yang berpengaruh adalah faktor ibu ( pendidikan, pekerjaan, pengetahuan, pelatihan). Dari beberapa faktor tersebut yang paling mempengaruhi tingkat keberhasilan toilet training adalah pengetahuan ibu ( p = 0.019, OR = 4.806, 95% CI = 1.300, 1.763).