Improving The Students’ Skill in Writing Narrative Text by Using Video With Clue Words in Eleventh Grade of MAN 2 Kota Kediri

Main Author: Pahlavi, Mohamad Reza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1249/1/MOHAMAD%20REZA%20PAHLAVI.pdf
http://repository.ub.ac.id/1249/
Daftar Isi:
  • Menulis adalah salah satu ketrampilan yang cukup berbeda dengan ketrampilan yang lain di bahasa Inggris karena menulis ialah cara berkomunikasi dengan yang lain melalui tulisan. Di penelitian ini hanya focus dalam menulis teks naratif yang mana siswa tidak hanya membuat cerita menarik yang membutuhkan ide kreatif untuk menghibur pembaca tapi juga mereka harus memperhatikan mekanik penulisan. Peneliti menemukan beberapa masalah di kelas XI IPA 4 di MAN 2 Kota Kediri. Siswa memiliki kesulitan dalam mengembangkan kata menjadi kalimat dan kalimat menjadi sebuah teks narratif yang baik. Berkenaan dengan itu, peneliti menggunakan video dengan petunjuk sebagai media untuk meningkatkan nilai siswa dalam menulis teks naratif. Dengan harapan media ini dapat membuat siswa lebih mudah dalam menulis teks naratif. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadopsi dari Kemmis dan McTaggart (1988) untuk mengatasi masalah yang disebutkan. Penelitian dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari lima pertemuan termasuk pre-test dan post-test. Siklus memiliki empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan dan menganalisis data peneliti menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes. Penelitian ini akan berhasil jika total nilai rata-rata siswa mencapai 75 (adalah nilai prestasi terendah dalam SKM di MAN 2 Kota Kediri) Hasil penelitian menunjukan bahwa video dengan kata petunjuk dapat meningkatkan nilai siswa dalam menulis teks naratif. Peniliti menggunakan rumus yang sama untuk mengukur nilai rata-rata siswa. Yaitu, dengan membagi total nilai dengan total siswa. Nilai rata-rata siswa dites awal adalah 61,57. Sementara dites akhir nilai rata-rata siswa adalah 84. Ini berarti bahwa siswa berhasil mencapai nilai minimal. Media ini sangat membantu siswa dalam menulis teks naratif. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan media yang sama dalam pembelajaran menulis. Untuk peneliti selanjutnya mereka dapat menggunakan media yang berbeda, ketrampilan yang berbeda, jenis teks yang berbeda tergantung masalah pada siswa.