Daftar Isi:
  • Banyak faktor dan tingkat kepuasan pasien adalah dua hal yang berbeda. Namun, perilaku caring perawat sangat berkaitan dengan tingkat kepuasan pasien. Hal ni dikarenakan caring perawat merupakan tindakan yang diberikan oleh perawat dalam memberikan pelayanan dan memperoleh timbal balik berupa kepuasan pelanggan dalam menerima perilaku dari perawat. Rancangan penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Sample dipilh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sample 33 perawat dan 52 pasien. Variabel independennya yang diukur adalah perilaku caring perawat dan variabel dependennya adalah tingkat kepuasan pasien. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Analisa data dilakukan dengan uji statistic Spearman Rho. Hasil analisis menunjukkan p value ( p < 0,05 ) dan r value 0,561 menunjukkan bahwa antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien mempunyai hubungan yang signifikan. Saran bagi tenaga kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kesehatan perilaku caring terhadap pasien untuk meningkatkan kesehatan dan memberikan pasien tingkat kepuasan yang maksimal.Banyak faktor yang mempengaruhi caring perawat diantaranya varibel individu, organisasi dan psikologis.