Daftar Isi:
  • Perkembangan Sosial Emosi Adalah Aspek Psikis Yang Sangat Berpengaruh Terhadap Perilaku Individu Pada Umumnya, Khususnya Anak-Anak Pada Masa Pra Sekolah. Masa Pra Sekolah Merupakan Masa Yang Sangat Peka Terhadap Lingkungan Dan Pada Masa Ini Berlangsung Sangat Pendek Serta Tidak Dapat Diulangi Lagi, Maka Masa Pra Sekolah Disebut Juga Sebagai Masa Keemasan, Jendela Kesempatan Dan Masa Kritis. Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Dipengaruhi Oleh Banyak Faktor, Salah Satunya Adalah Kualitas Lingkungan Pengasuhan. Kualitas Lingkungan Pengasuhan Adalah Kualitas Lingkungan Dimana Sehari-Hari Anak Tinggal Dan Berinteraksi Dengan Individu Lain. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun Di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Malang. Desain Penelitian Yang Digunakan Adalah Observasional Analitik Dengan Pendekatan Cross-Sectional. Sampel Yang Dipilih Menggunakan Teknik Purposive Sampling Dengan Jumlah Sampel Sebanyak 40 Responden. Berdasarkan Uji Analitik Dengan Menggunakan Chi Square Dengan Tingkat Kepercayaan 95% Didapatkan Nilai Signifikansi Sebesar 0.000 (P < 0.005) Pada Hubungan Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah Terdapat Hubungan Positif Antara Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun). Semakin Tinggi Atau Baik Kualitas Lingkungan Pengasuhan, Maka Semakin Baik Pula Perkembangan Sosial Emosi Anak. Sehingga Disarankan Kepada Orangtua Agar Lebih Mengoptimalkan Perannya Dalam Menunjang Perkembangan Anak.