The Correlation Between Students’ Vocabulary Mastery and Their Reading Comprehension at the Eighth Graders of MTs Negeri Malang 1.

Main Author: Dewangga, Ananda Esa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1246/1/ANANDA%20ESA%20DEWANGGA.pdf
http://repository.ub.ac.id/1246/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kosakata siswa dengan kemampuan membaca pada siswa kelas delapan di MTs Negeri Malang 1 dan dampaknya terhadap Englih Language Teaching (ELT). Jumlah populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas delapan di MTs Negeri Malang 1 pada tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 318. Sementara itu, sample yang diambil yaitu siswa kelas VIII D yang terdiri dari 32 siswa. Pemilihan sampel berdasarkan saran dari guru Bahasa Inggris. Sampel tersebut dipilih karena kelas VIII D adalah kelas regular unggulan di angkatan kelas delapan. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi.Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan tes sebagai instrumen. Tes dibuat dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 50 pertanyaan. Pertanyaan tersebut digai menjadi dua, 25 pertanyaan untuk tes kosakata dan 25 pertanyaan untuk tes membaca. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diambil dari soal Ujian Nasional (UN) dan buku siswa. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan Pearson Product Moment untuk mendapatkan hasil korelasi. Penemuan dalam penelitian menunjukkan bahwa nilai ro adalah 0.619 dan nilai to adalah 4.31. Kemudian, dengan menggunakan df 30, yang dibandingkan dengan r table dan t table pada signifikansi 1% hasilnya yaitu 0.449 dan 2.45. hal tersebut menunjukkan bahwa ro lebih tinggi dari r table (0.619 > 0.449) dan to lebih tinggi dari t table (4.31 > 2.45). hal tersebut berarti bahwa korelasi antara kosakata dengan kemampuan membaca adalah positif dan kuat. Sementara itu, hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Dampak dari korelasi antara kosakata dan membaca yaitu jika siswa tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam kosakata dan membaca, akan memudahkan siswa dalam membaca materi pembelajaran.