Daftar Isi:
  • Masa emas perkembangan anak terjadi pada usia pra sekolah. Pada usia setengah tahun sampai 3 tahun anak mulai memiliki kepekaan bahasa dan merupakan waktu yang tepat untuk menstimulasi perkembangan bahasanya. Pendidikan anak usia dini yang efektif sangat bermanfaat untuk membangun struktur perkembangan bahasa anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan anak usia dini dalam bentuk kelompok bermain dengan perkembangan bahasa anak usia pra sekolah (4-6 tahun) di desa yosorati kabupaten jember. Metode yang digunakan adalah observational analitik dengan pendekatan case-control pada 100 responden dengan menggunakan skrining perkembangan Denver II. Teknik pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Berdasarkan uji Chi-square dengan α <0,05 diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan anak usia dini dengan perkembangan bahasa anak usia pra sekolah dengan hasil p value=0,000 dan odd ratio (OR)=50,4. Perkembangan bahasa anak harus distimulasi agar dapat berkembang dengan optimal. Penting bagi orang tua untuk mengetahui peranan pendidikan anak usia dini untuk memberikan stimulasi yang tepat bagi perkembangan anak.