Daftar Isi:
  • Perkembangan anak di masa prasekolah sangat penting karena masa prasekolah merupakan masa emas (golden age), ada tiga aspek penting yang perlu diperhatikan pada anak usia prasekolah yaitu, fisik-motorik (motorik kasar dan motorik halus), personal sosial, dan kemampuan berbahasa. Kekurangan makanan yang bergizi menyebabkan retardasi perkembangan anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara status gizi anak dengan tingkat perkembangan anak usia 3-5 tahun di PAUD TP-PKK Desa Jatirejo, Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian observational analitic dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 49 anak usia 3-5 tahun dan teknik pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Berdasarkan uji asosiasi Chi square menggunakan nilai signifikansi likelihood ratio dengan α<0,1 dan uji korelasi Spearman didapatkan hasil hubungan status gizi dan perkembangan anak usia 3-5 tahun antara lain perkembangan personal sosial p value=0,095 dengan r=0,294, perkembangan bahasa p value=0,988, perkembangan motorik halus p value=0,012 dengan r=0,431 dan perkembangan motorik kasar p value=0,000 dengan r=0,452. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara status gizi anak usia 3-5 tahun dengan perkembangan personal sosial, motorik halus dan motorik kasar, sedangkan tidak ada hubungan antara perkembangan bahasa dengan status gizi anak.