Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia 3–5 Tahun Di Tk Muslimat Nu 21 Malang
Daftar Isi:
- Anak usia dini (3-5 tahun) adalah fase yang sangat penting untuk perkembangan anak khususnya perkembangan kemandirian, salah satu sarana yang membantu proses kemandirian pada anak adalah pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan perkembangan kemandirian pada anak usia 3-5 tahun di TK Muslimat NU 21 Malang. Metode Penelitian ini adalah menggunakan desain observasional dengan pendekatan cross-sectional.sampel dipilih menggunakan metode kuota sampling dengan jumlah 50 responde. Hubungan Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) dengan perkembangan kemandirian anak usia prasekolah dianalisis dengan menggunakan Chi Square Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan perkembangan kemandirian anak usia prasekolah (p value=0,024). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menentukan perkembangan kemandirian anak usia prasekolah. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mengetahui pentingnya PAUD bagi perkembangan anak.