Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang

Main Author: Adisantika, AyuRikaAnitasari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/124285/1/fulltext.pdf
http://repository.ub.ac.id/124285/
ctrlnum 124285
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/124285/</relation><title>Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang</title><creator>Adisantika, AyuRikaAnitasari</creator><subject>610.73 Nursing and services of allied health personnel</subject><description>Pola&#xD; asuh orang tua merupakan peran aktif orang tua&#xD; terhadap perkembangan anak &#x2013; anaknya, terutama pada saat mereka masih berada&#xD; pada tahap prasekolah, untuk meningkatkan kecerdasan moral anak sejak dini&#xD; (tata karma, sopan santun, aturan norma agama dan moral, etika). Pola asuh&#xD; orang tua yang digunakan ada 4 macam pola asuh yaitu demokratis, otoriter,&#xD; permisif, penelantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan&#xD; antara pola asuh orang tua bekerja dengan tingkat kecerdasan moral anak usia&#xD; prasekolah. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional , pemilihan&#xD; sampel dengan purposive sampling. Sampel&#xD; penelitian yaitu anak usia prasekolah (4-5) tahun sebanyak 20 responden.&#xD; Analisis data yang digunakan adalah Fisher exsact test . Hasil uji statistik didapatkan&#xD; hubungan yang tidak signifikan antara&#xD; Pola asuh orang tua dengan Tingkat kecerdasan moral anak usia prasekolah (4-5)&#xD; tahun, dengan nilai p = 0.053 walaupun tidak signifikan tetapi ada kecenderungan pada orang tua&#xD; dengan pola asuh yang baik / demokratis (70%) y ang&#xD; mempuny ai anak dengan tingkat kecerdasan&#xD; moral baik. Maka dari itu diperlukan pola asuh yang demokratis dan stimulus&#xD; yang baik untuk menjadikan kecerdasan moral anak baik</description><date>2014-03-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/124285/1/fulltext.pdf</identifier><identifier> Adisantika, AyuRikaAnitasari (2014) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FK/2014/303/051402959</relation><recordID>124285</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Adisantika, AyuRikaAnitasari
title Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang
publishDate 2014
topic 610.73 Nursing and services of allied health personnel
url http://repository.ub.ac.id/124285/1/fulltext.pdf
http://repository.ub.ac.id/124285/
contents Pola asuh orang tua merupakan peran aktif orang tua terhadap perkembangan anak – anaknya, terutama pada saat mereka masih berada pada tahap prasekolah, untuk meningkatkan kecerdasan moral anak sejak dini (tata karma, sopan santun, aturan norma agama dan moral, etika). Pola asuh orang tua yang digunakan ada 4 macam pola asuh yaitu demokratis, otoriter, permisif, penelantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua bekerja dengan tingkat kecerdasan moral anak usia prasekolah. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional , pemilihan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian yaitu anak usia prasekolah (4-5) tahun sebanyak 20 responden. Analisis data yang digunakan adalah Fisher exsact test . Hasil uji statistik didapatkan hubungan yang tidak signifikan antara Pola asuh orang tua dengan Tingkat kecerdasan moral anak usia prasekolah (4-5) tahun, dengan nilai p = 0.053 walaupun tidak signifikan tetapi ada kecenderungan pada orang tua dengan pola asuh yang baik / demokratis (70%) y ang mempuny ai anak dengan tingkat kecerdasan moral baik. Maka dari itu diperlukan pola asuh yang demokratis dan stimulus yang baik untuk menjadikan kecerdasan moral anak baik
id IOS4666.124285
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-22T05:53:19Z
last_indexed 2021-10-28T07:13:57Z
recordtype dc
_version_ 1751455129181093888
score 17.538404