Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang
Main Author: | Adisantika, AyuRikaAnitasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/124285/1/fulltext.pdf http://repository.ub.ac.id/124285/ |
ctrlnum |
124285 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/124285/</relation><title>Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang</title><creator>Adisantika, AyuRikaAnitasari</creator><subject>610.73 Nursing and services of allied health personnel</subject><description>Pola
asuh orang tua merupakan peran aktif orang tua
terhadap perkembangan anak – anaknya, terutama pada saat mereka masih berada
pada tahap prasekolah, untuk meningkatkan kecerdasan moral anak sejak dini
(tata karma, sopan santun, aturan norma agama dan moral, etika). Pola asuh
orang tua yang digunakan ada 4 macam pola asuh yaitu demokratis, otoriter,
permisif, penelantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan
antara pola asuh orang tua bekerja dengan tingkat kecerdasan moral anak usia
prasekolah. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional , pemilihan
sampel dengan purposive sampling. Sampel
penelitian yaitu anak usia prasekolah (4-5) tahun sebanyak 20 responden.
Analisis data yang digunakan adalah Fisher exsact test . Hasil uji statistik didapatkan
hubungan yang tidak signifikan antara
Pola asuh orang tua dengan Tingkat kecerdasan moral anak usia prasekolah (4-5)
tahun, dengan nilai p = 0.053 walaupun tidak signifikan tetapi ada kecenderungan pada orang tua
dengan pola asuh yang baik / demokratis (70%) y ang
mempuny ai anak dengan tingkat kecerdasan
moral baik. Maka dari itu diperlukan pola asuh yang demokratis dan stimulus
yang baik untuk menjadikan kecerdasan moral anak baik</description><date>2014-03-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/124285/1/fulltext.pdf</identifier><identifier> Adisantika, AyuRikaAnitasari (2014) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FK/2014/303/051402959</relation><recordID>124285</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Adisantika, AyuRikaAnitasari |
title |
Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua yang Bekerja dengan Tingkat Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun Di TK Mutiara Indonesia Kedungkandang Malang |
publishDate |
2014 |
topic |
610.73 Nursing and services of allied health personnel |
url |
http://repository.ub.ac.id/124285/1/fulltext.pdf http://repository.ub.ac.id/124285/ |
contents |
Pola
asuh orang tua merupakan peran aktif orang tua
terhadap perkembangan anak – anaknya, terutama pada saat mereka masih berada
pada tahap prasekolah, untuk meningkatkan kecerdasan moral anak sejak dini
(tata karma, sopan santun, aturan norma agama dan moral, etika). Pola asuh
orang tua yang digunakan ada 4 macam pola asuh yaitu demokratis, otoriter,
permisif, penelantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan
antara pola asuh orang tua bekerja dengan tingkat kecerdasan moral anak usia
prasekolah. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional , pemilihan
sampel dengan purposive sampling. Sampel
penelitian yaitu anak usia prasekolah (4-5) tahun sebanyak 20 responden.
Analisis data yang digunakan adalah Fisher exsact test . Hasil uji statistik didapatkan
hubungan yang tidak signifikan antara
Pola asuh orang tua dengan Tingkat kecerdasan moral anak usia prasekolah (4-5)
tahun, dengan nilai p = 0.053 walaupun tidak signifikan tetapi ada kecenderungan pada orang tua
dengan pola asuh yang baik / demokratis (70%) y ang
mempuny ai anak dengan tingkat kecerdasan
moral baik. Maka dari itu diperlukan pola asuh yang demokratis dan stimulus
yang baik untuk menjadikan kecerdasan moral anak baik |
id |
IOS4666.124285 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-22T05:53:19Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:13:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751455129181093888 |
score |
17.538404 |