Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Tingkat Kreativitas Pada Anak Usia Sekolah Dasar (10-12 Tahun) Di Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 4 Kota Malang
Daftar Isi:
- Kreativitas merupakan kemampuan individu untuk berkreasi menciptakan sesuatu baik yang bersifat baru maupun yang kombinasi, berbeda, dan unik tergantung pengalaman yang dimiliki. Sedangkan pola komunikasi orang tua adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari orang tua kepada anak baik secara verbal maupun nonverbal. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pola komunikasi orang tua dengan tingkat kreativitas pada anak usia sekolah dasar (10-12 tahun) di SDN Dinoyo 4 Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan Cross Sectional dengan studi observasional dengan. Sampel dipilih dengan metode Proportional Random Sampling dan besar sampel 92 anak. Data diambil dengan menggunakan kuesioner pola komunikasi orang tua untuk variabel pola komunikasi orang tua sedangkan untuk variabel tingkat kreativitas menggunakan tes kreatifitas verbal (TKV). Dari 92 diketahui sebagian besar anak (57,6%) memiliki pola komunikasi orang tua positif. Sedangkan untuk tingkat kreativitas sebagian besar anak (35,9%) memiliki tingkat kreativitas tinggi. Dari analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman diperoleh nilai koefisien korelasi 0,436 dan nilai p value sebesar 0,000 dengan tingkat signifikasi 95% (α= 0,05). Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara pola komunikasi orang tua dengan tingkat kreativitas pada anak usia sekolah dasar (10-12 tahun) di SDN Dinoyo 4 Kota Malang.