Hubungan Antara Kepatuhan Orang Tua terhadap Pelaksanaan Program Terapi dengan Perkembangan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang
Daftar Isi:
- Autism merupakan gangguan perkembangan pada anak yang ditandai adanya gangguan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Anak autis mempunyai kegagalan dalam membangun interaksi sosial. Upaya untuk mengurangi hambatan tersebut, perlu adanya peran orang tua dalam mematuhi terapi yang dilakukan di sekolah maupun di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kepatuhan orang tua terhadap pelaksanaan program terapi dengan perkembangan interaksi sosial anak autis di Sekolah Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Desain penelitian yang digunakan yaitu observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Dari 35 populasi murid di Sekolah Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang terdapat 26 yang memenuhi criteria. Variabel kepatuhan orang tua tehadap pelaksanaan program terapi diukur dengan kuesioner. Dari hasil uji korelasi spearman diperoleh nilai koefisien korelasi antara kepatuhan orang tua terhadap pelaksanaan program terapi dengan perkembangan interaksi sosial anak autis sebesar 0.397 nilai signifikasi (p) sebesar 0.000 (p<0.05). Hal tersebut menujukkan kepatuhan orang tua terhadap pelaksanaan program terapi memiliki hubungan dengan perkembangan interaksi sosial anak autis di Sekolah Autis Laboratorium Malang.