Hubungan Antara Pemahaman Mahasiswa terhadap Metode Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Dengan Nilai Blok Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi FKUB Angkatan 2012.
Daftar Isi:
- Salah satu metode yang dianggap cukup efektif pada pembelajaran aktif adalah metode PBL (Problem Based Learning). Apabila diterapkan dengan benar, banyak manfaat yang akan didapat oleh mahasiswa. Salah satunya adalah retensi yang lebih baik terhadap pengetahuan sehingga dapat meningkatkan nilai blok mahasiswa. Pemahaman mahasiswa terhadap metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) yang baik akan mempengaruhi penerapannya dan kemudian mempengaruhi hasil nilai blok mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman mahasiswa terhadap metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan nilai blok mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi FKUB angkatan 2012. Rancangan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Semua mahasiswa angkatan 2012 yang memenuhi kriteria inklusi menjadi sampel peneltian (total sampling). Cara pengambilan data yaitu dengan memberikan kuisioner untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap metode PBL dan mengambil data nilai blok mahasiswa PSPDG FKUB angkatan 2012 di bagian akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui koefisien korelasi R sebesar positif 0,842 yang relatif mendekati 1, sehingga dapat diartikan bahwa terjadi hubungan kuat dan searah antara pemahaman mahasiswa terhadap metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan nilai blok mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi FKUB angkatan 2012. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa mempunyai hubungan positif dan searah terhadap metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning).