Efektivitas Penyuluhan Teknik Menyikat Gigi Terhadap Perawat Tunagrahita dengan OHI-s Anak Tunagrahita Ringan di Asrama SLB Bhakti Luhur Malang
Daftar Isi:
- Anak tunagrahita ringan memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dari pada derajat retardasi yang lain, akan tetapi pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut kurang serta keterampilan menyikat gigi yang baik dan benar kurang. Sehingga dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, anak tunagrahita membutuhkan perawat untuk membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Perilaku adaptif diperlukan anak tunagrahita ringan untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penyuluhan tentang teknik menyikat gigi terhadap perawat tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifivitas penyuluhan teknik menyikat gigi terhadap perawat tunagrahita dengan OHI-s anak tunagrahita ringan di asrama SLB Bhakti Luhur Malang. Penelitian ini merupakan metode praeksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest Postest. Sampel penelitian sebanyak 30 anak dengan IQ 69-55 menurut skala Weschler (WISC) dan 18 perawat tunagrahita. Check list diberikan pada perawat tunagrahita setelah dilakukan penyuluhan teknik menyikat gigi serta OHI-s anak tunagrahita ringan digunakan untuk mengukur perubahan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan OHI-s anak tunagrahita sebelum dan sesudah penyuluhan terhadap perawat tunagrahita. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyuluhan terhadap perawat tunagrahita efektif karena dapat meningkatkan kebersihan mulut anak tunagrahita ringan yang ditandai dengan turunnya nilai OHI-s anak tunagrahita ringan sebelum dan sesudah penyuluhan cara menyikat gigi.