Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Sikap Pengguna Twitter Tentang Pemberian Informasi Pribadi Dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM)
Main Author: | Noviany, Mega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/124/1/Mega%20Noviany%20.pdf http://repository.ub.ac.id/124/ |
Daftar Isi:
- Twitter merupakan salah satu media sosial yang sedang diminati oleh banyak orang di Indonesia karena twitter dapat mempermudah pengguna untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sekelilingnya dan orang-orang yang berada diseluruh dunia melalui komputer ataupun mobile. Saat ini banyaknya pengguna yang memberikan informasi terlalu banyak pada media sosial karena mereka tidak peduli terhadap masalah privasi dan keamanan pada media sosial yang digunakan. Pengguna tidak mengetahui tentang apa yang dilakukan oleh orang lain dan penyedia layanan terhadap informasi pribadi dari pengguna yang telah diberikan pada media sosial. Selain itu pihak dari twitter menyatakan adanya pencurian data berupa informasi pribadi dari jutaan pengguna twitter di seluruh dunia. Hal tersebut dapat menimbulkan resiko bagi pengguna karena informasi pribadi pengguna telah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Sikap dari pengguna digunakan untuk menentukan apakah pengguna akan terus memberikan informasi pribadinya pada twitter meskipun telah mengetahui dampak postif ataupun negatif yang didapatkan. Sikap pengguna ketika memberikan informasi pribadi pada twitter pasti dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang dapat memengaruhi sikap pengguna twitter tentang pemberian informasi pribadi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah privacy, security, awareness, control, trust in provider, trust in member, risk dan attitude. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 241 pengguna yang memberikan informasi pribadi pada twitter dengan rentang usia 16-25 tahun yang berada di Indonesia. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Analisis SEM dilakukan melalui 3 tahapan yaitu pengujian model fit, pengujian measurement model, dan pengujian structural model. Hasil dari penelitian ini menunjukan faktor yang dapat memengaruhi sikap pengguna twitter tentang pemberian informasi pribadi adalah trust in provider. Pengguna akan tetap memberikan informasi pribadi pada twitter jika pengguna percaya bahwa layanan yang telah disediakan oleh twitter akan menjaga datanya dengan aman sehingga datanya tidak akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan faktor-faktor lainnya seperti privacy, security, trust in member dan risk tidak berpengaruh terhadap sikap pengguna yang tetap memberikan informasi pribadi pada twitter. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya kecocokan model dalam menganalisis penelitian ini karena nilai dari Goodness of Fit sesuai dengan kriteria dan seluruh hubungan antar variabel dengan indikator dapat diterima sehingga indikator dapat digunakan untuk mengukur variabel laten yang digunakan dalam penelitian ini.