Daftar Isi:
  • Kualitas tumbuh kembang anak pra sekolah(3-5 tahun) merupakan masa kritis perkembangan yang berkontribusi 85% terhadap perkembangan di masa mendatang. Perkembangan anak pra sekolah terutama perkembangan bahasa dan personal sosial dapat dipengaruhi oleh pola orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan bahasa dan personal-sosial anak pra sekolah(3-5 tahun) di KBTK Selaras Cita Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional . Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Berdasarkan uji analitik dengan Koefisien Kontingensi dengan tingkat kepercayaan 90% didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,004(ρ < 0.1) dan koefisien korelasi 0,477 pada hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan bahasa, dan pada hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan personal sosial didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,039(ρ < 0.1) dan koefisien korelasi 0,414. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat korelasi positif antara pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan bahasa dan personal-sosial anak pra sekolah(3-5 tahun). Semakin demokratis pola asuh orang, perkembangan bahasa dan personal sosial anak semakin baik. Sehingga disarankan pada orang tua dan guru agar lebih mengoptimalkan perannya dalam menunjang perkembangan anak.