Daftar Isi:
  • Usia 3-5 tahun merupakan usia dimana pertumbuhan sel jaringan otak mencapai 50% terutama perkembangan kognitif saat anak berusia 4 tahun. Perkembangan kognitif akan maksimal jika ditunjang oleh pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu dalam memberikan metode stimulasi perkembangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil dan hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam stimulasi perkembangan yang berhubungan dengan perkembangan kognitif anak prasekolah usia 3-5 tahun di KB-TK Selaras Cita Malang tahun 2013. Jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan cross sectional study terhadap masing-masing 64 ibu dan anak usia 3-5 tahun di KB-TK Selaras Cita Sawojajar Malang. Sampel dipilih menggunakan teknik purporsive quota sampling. Variabel yang diukur adalah pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu dan perkembangan kognitif anak. Uji statistik menggunakan korelasi Spearman dengan taraf kepercayaan 90%. Hasil analisa bivariat menunjukkan adanya hubungan bermakna antara pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu tentang metode stimulasi perkembangan dengan perkembangan kognitif anak usia 5 tahun, dengan kekuatan korelasi masing-masing sebesar 0,464, 0,381 dan 0,549. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu semakin baik pula perkembangan kognitif anak. Sehingga diperlukan trobosan kegiatan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak secara optimal dengan meningkatkan keterlibatan ibu dalam pendidikan formal dan informal yang lebih konseptual, sistematis dan terukur.