Daftar Isi:
  • Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan. Kepuasan dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya karakteristik pasien. Karakteristik pasien diamati dari jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, jumlah kunjungan, dan status pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar. Penelitian dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada pasien Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar. Kuesioner dibagi secara acak kepada 290 pasien dengan kriteria: (1) telah mendapatkan pelayanan di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar, (2) berusia 17 tahun ke atas, dan (3) bersedia menandatangani surat persetujuan menjadi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pasien mempengaruhi tingkat kepuasan secara statistik memiliki hubungan yang lemah. Namun secara deskriptif, setiap karakteristik pasien memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda. Pasien wanita lebih merasa puas daripada pasien pria; pasien usia 21-30 tahun lebih merasa puas daripada kelompok usia yang lain; pasien berpendidikan SMA lebih merasa puas daripada kelompok pendidikan yang lain; pasien yang terdiri atas pelajar, ibu rumah tangga, dan pensiunan lebih merasa puas daripada kelompok pekerjaan yang lain; pasien ulang lebih merasa puas daripada pasien yang pertama kali berkunjung; pasien umum lebih merasa puas daripada pasien askes dan Jamkesmas/Jamkesda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakteristik pasien mempengaruhi tingkat kepuasan terhadap pelayanan di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar meskipun secara statistik menunjukkan hubungan yang lemah